Cara Mudah Menggunakan Kinemaster Bagi Pemula Terlengkap A-Z

Editing adalah suatu aktivitas yang sangat mengasyikkan. Terlebih lagi sekarang sudah banyak aplikasi mumpuni bagi creator Android, salah satunya yaitu Kinemaster.

Namun bagi seorang awam yang baru terjun dalam dunia edit video, tentunya akan kebingungan dengan banyaknya menu dalam aplikasi tersebut. Nah oleh sebab itu, disini warlich.net ingin membagikan cara menggunakan Kinemaster bagi pemula untuk editing mulai dari A sampai Z.

Langkah langkah menggunakan KineMaster sebenarnya hampir sama dengan penggunaan aplikasi editing yang lainnya, karena fitur ataupun menu edit kan namanya sama (misalnya transisi, musik, klip grafis, dan lainnya).

Namun supaya kalian lebih memahaminya maka warlich.net akan membantu menjelaskan cara menggunakan Kinemaster bagi pemula, di mulai dari penjelasan di bawah ini.

Aplikasi KineMaster Untuk Apa?

Seperti yang sudah aku katakan diatas, Kinemaster adalah aplikasi editing yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis di playstore.

Meskipun untuk bisa memanfaatkan semua fiturnya kalian harus berlangganan, namun menggunakan versi gratisnya saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar editing dengan hasil yang terbilang memuaskan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Nex Streaming ini dirilis pada tahun 2013 tepatnya yaitu pada tanggal 26 Desember 2013 silam, telah diinstall lebih dari 100jt pengguna dan memiliki 3jt+ ulasan di playstore.

Dengan fitur yang lengkap, Kinemaster menjadi pilihan terbaik bagi creator Youtube, Facebook, IG, Dll. Karena memang dengan 1 aplikasi ini kalian bisa membuat video tulisan berjalan, membuat subtitle, edit video cinematic, membuat quotes bergerak, membuat animasi berbicara, dan banyak lagi.

Dan jika kalian sudah tidak sabar untuk memulai belajar tutorial Kinemaster pemula ini, maka langsung saja warlich.net jelaskan dibawah ini.

Begini Cara Menggunakan Kinemaster Bagi Pemula Terlengkap

Dibawah ini merupakan kumpulan tutorial KineMaster lengkap berbahasa Indonesia yang mudah dipahami dan juga merupakan penjelasan editing pada umumnya.

Silahkan simak dan langsung praktekan supaya bisa dengan cepat membuat video yang kalian inginkan.

A. Cara Membuat Project Di Kinemaster

Cara membuat video tulisan di KINEMASTER
Tombol buat projek Kinemaster

Bagaimana sih cara menggunakan aplikasi Kinemaster? Nah oke ketika kalian ingin memulai editing, maka tentu saja harus memiliki Kinemaster Pronya yang sebelumnya telah kalian Download dari playstore maupun dari Google.

Nah setelah itu maka kalian bisa membuka aplikasinya terlebih dahulu, yang kemudian akan ada beberapa pilihan menu. Disini kalian pilih saja tombol tambah ➕ ataupun tombol untuk membuat projek baru.

Setelah itu kalian akan disuguhi pilihan ukuran rasio 16:9, 9:16, dan 1:1, kalian bisa memilih sesuai kebutuhan (contohnya jika ingin digunakan untuk di upload ke youtube maka pilih yang 16:9).

Selanjutnya akan masuk ke media, disini kalian bisa memasukkan video, foto, maupun warna polos bawaan aplikasi tersebut. Kalian juga bisa memilih beberapa media sekaligus, tapi nanti juga bisa ditambahkan lagi saat mulai editing.

Jadi pilih aja video maupun foto yang ingin di edit ya.

Ini adalah langkah awal untuk memasukan animasi di KineMaster, membuat animasi berbicara di android, membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster, membuat video tulisan tangan dengan Kinemaster, dan semua hal editing di aplikasi tersebut.

B. Cara Membuat Video Dengan Tulisan Di Kinemaster

Tutorial KineMaster lengkap
Tombol teks di Kinemaster

Setelah kalian menentukan ataupun memilih baik foto, warna latar, maupun video, kalian bisa langsung memulai editing dasar yaitu membuat tulisan bergerak di Kinemaster.

Dan untuk memulai membuat tulisan berjalan di video ataupun yang lebih tepatnya cara membuat tulisan bergerak di Kinemaster ini, kalian bisa klik menu layers dan kemudian memilih menu teks.

Selanjutnya, silahkan kalian ketik saja teks yang ingin dimasukkan kedalam video tersebut dan klik pilih jika sudah selesai. Kalian juga bisa mengubah jenis font nya dengan cara klik menu Aa yang ada di samping kanan layar.

Kemudian kalian juga bisa membuat tulisan warna warni di kinemaster ini ataupun mengganti warnanya dengan cara klik kotak warna putih sebelah kanan ikon gunting. Sedangkan ikon gunting tersebut berfungsi untuk memotong panjang durasi ataupun waktu tampil dari teks tersebut.

Dan untuk membuat teks seperti mengetik sendiri di video, kalian bisa memberikan efek masuk dan keluar ataupun efek keseluruhan di teks tersebut.

Namun disini aku contohkan untuk efek masuknya ya, kalian bisa klik menu animasi masuk dan silahkan pilih yang huruf demi huruf. Kemudian kalian juga bisa mengatur kecepatan dari efek tersebut dengan mengatur garis waktu yang ada di bawah pilihan efek tadi.

Dengan banyaknya pilihan ini, kalian bisa dengan mudah membuat video ketikan tulisan, membuat lirik berjalan Kinemaster, membuat running text di video, membuat subtitle di Kinemaster, membuat tulisan berkedip di kinemaster, dan banyak lagi.

C. Cara Menambahkan Musik, Sound Effect, Dan Rekam Suara Di KineMaster

Cara membuat gambar bergerak di Kinemaster
Tombol audio di Kinemaster

Bagaimana cara mengisi suara di KineMaster? Yoshh.. Untuk menambah backsound maupun efek suara transisi, kalian bisa melakukannya dengan mengklik tombol audio dengan ikon musik 🎶 yang ada di bagian kanan seperti pada gambar di atas.

Setelah itu akan muncul musik yang kalian miliki di hp tersebut, namun di bagian kiri ada beberapa tombol lainya yang bisa kalian pilih untuk menentukan musik dari aplikasi Kinemaster termasuk musik, sfx, rekam, lagu, album, artist, aliran musik, dan folder.

Nah jadi untuk cara menggunakan Kinemaster khususnya tentang audio ini sebaiknya kalian jelajahi aja sesuka hati kalian untuk mendapatkan musik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin record, maka kalian bisa memilih menu rekam dan tinggal izinkan aplikasi tersebut merekam suara.

D. Cara Menambahkan Video/Foto Di Kinemaster

Langkah-langkah menggunakan Kinemaster
Menambahkan media di Kinemaster

Setelah berhasil menambahkan teks dan musik, mungkin kalian ingin menambahkan video lagi ataupun foto pemanis. Nah jika memang ingin menambahkanya, maka bisa langsung klik saja menu media.

Setelah diklik maka kalian akan melihat beberapa file video dan foto seperti pertama tadi, dan bisa langsung mengklik item yang akan digunakan.

Namun jika kalian ingin memasukkan komponen video yang ingin di hapus latar belakangnya maka kalian harus memilih menu layer/lapisan kemudian pilih media. Setelah green screen dimasukkan, kalian bisa pilih menu croma key/kunci kroma.

E. Fitur Lainya Yang Berguna Di Kinemaster

Bagaimana Cara mengisi suara di KineMaster
Fitur pendukung editing

Ada beberapa fitur dasar yang sangat berguna di Kinemaster yang bisa kalian gunakan untuk memperindah hasil editing, diantaranya:

1. Transisi
Transisi adalah sebuah efek peralihan dari potongan video 1 ke video 2 dan seterusnya, atau lebih mudahnya kita bisa menyebutnya dengan penghalus sambungan clip video.

Transisi ini sendiri bisa ditambahkan jika ada 2 atau lebih clip video yang ditambahkan. Nah jadi setiap kali kalian memotong ataupun menambahkan media di Kinemaster, maka celah sambunganya itu akan ada tombol kotak.

Nah dengan mengklik tombol kotak tersebut, barulah kalian dapat memberikan transisi sesuai dengan keinginan kalian. Jika ingin efek transisi lainnya, kalian juga dapat mengunduh di toko Kinemaster pro (kebanyakan harus berlangganan terlebih dahulu).

2. Filter Warna
Di Kinemaster juga ada pilihan filter warna, sehingga kalian dapat memilih efek video yang bisa kalian sesuaikan dengan warna dari video aslinya supaya terlihat lebih menarik.

Selain itu ada juga fitur penyesuaian yang bisa kalian gunakan untuk mengatur efek secara kustom, seperti kecerahan, kontras, saturasi, getar, suhu, highlight, bayangan, gain, gamma, lift, dan hue.

Ada lagi fitur vignette, yang bisa kalian gunakan untuk memberikan efek gelap di pinggiran video. Pokoknya beberapa fitur ini bisa kalian gunakan untuk menghias video yang kalian edit.

3. Klip Grafis
Dengan memanfaatkan fitur ini, kalian bisa memberikan efek tulisan maupun animasi ke sebuah clip yang sedang kalian edit.

Jadi setiap klip yang kalian tambahkan itu akan muncul klip grafis sesuai dengan yang kalian pilih. Misalnya kalian memilih jenis klip grafis teks pada klip pertama, maka hanya pada klip pertama tersebut efeknya akan muncul ketika video diputar.

Ya sebenarnya masih banyak pilihan fitur yang bagus untuk digunakan, tapi 3 fitur tersebut yang paling umum digunakan untuk editing.

F. Cara Menyimpan Video Di Kinemaster Ke Galeri

Aplikasi editing video KineMaster
Menyimpan video ke galeri

Setelah kalian berhasil menerapkan cara menggunakan Kinemaster ini ataupun membuat video sesuai dengan apa yang kalian inginkan, maka selanjutnya kalian bisa menyimpan hasil edit tersebut ke galeri.

Nah untuk menyimpanya, kalian bisa mengklik ikon simpan dibagian kanan atas, kemudian akan muncul layar ekspor. Kalian bisa mengatur resolusi video, laju bingkai, dan laju bit pada video yang ingin disimpan.

Setelah setelanya pas, maka tinggal klik tombol ekspor untuk melakukan penyimpanan ini dan silahkan kalian tunggu proses renderingnya sampai selesai. Kecepatan proses ini tergantung dari panjangnya video yang kalian simpan dan besarnya resolusi yang kalian pilih.

RANGKUMAN

Jadi bagaimana cara membuat video dengan KineMaster?

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa menggunakan Kinemaster ini adalah untuk editing dan bukan untuk proses rekam videonya. Karena memang aplikasi tersebut diciptakan dan dioptimalkan sebagai aplikasi edit video.

Sehingga jika niat kalian itu untuk membuat video di KineMaster ataupun untuk merekam videonya maka hal tersebut tidaklah cocok dan sebaiknya kalian urungkan niat tersebut.

Tapi jika kalian ingin editing, misalnya ambil contoh yang sederhana saja seperti membuat logo jam bergerak, maka kalian menggunakan aplikasi yang tepat.

Kalian bisa download mentahan Animasi kinemaster dan kemudian bisa memberikan efek bergerak yang keren, dan juga bisa menyesuaikan background animasi bergerak tersebut sekaligus dengan backsoundnya.

Pokoknya Kinemaster adalah aplikasi editing terbaik di Android yang harus kalian coba, apalagi jika kalian adalah seorang creator youtube yang hanya memiliki hp saja.

Dengan mempelajari cara menggunakan Kinemaster bagi pemula ini, kalian akan melangkah lebih cepat dan bisa menjadi seorang youtuber yang sukses dengan hasil video yang menakjubkan.

Tinggalkan komentar